Senin, 09 Mei 2011

little apreciate.

Nggak munafik gue suka kalo abis melakukan sesuatu gue diberi apresiasi berupa apapun,,
apapun deh, mau ucapan atau tepuktangan,, berharga banget tu buat gue,.

setidaknya dengan apresiasi itu kalo gue melakukan yang baik, gue bakal berusaha untuk lebih baik lagi, tapi kalo gue sadar yg gue lakuin itu tidak terlalu baik, gue bakal mencoba menjadi lebih baik lagi.

Sedikit banyak apresiasi mmpengaruhi cara berfikir seseorang terhadap lingkunganya. Kaya gini nih, ada seorang anak balita yang setiap apapun yg dilakukannya dia diberikan apresiasi oleh kedua orangtuanya. Diberi pujian, atau kalaupun dia bikin salah, dia gak dimarahi dengan keras, namun diberi pengertian seperti “nak,, sebenarnya yang kamu buat ini nggak salah, tapi lebih bagus lagi kalau kamu melakukannya seperti ini...” kan kedengarannya enak tuh, si anak juga menurut gue nggak bakal dongkol dan malah bersemangat untuk melakukan yg baik sesuai arahan dari orangtuanya itu.

itu buat anak2.

Tapi bukan Cuma anak2 aja yg butuh apresiasi dan kata2 positif. Gue juga sebagai mahasiswa juga butuh itu.

ada dua orang yg jadi perbandingan gue.
Si A degan si I. Kita anggak si A dan si I, keduanya lebih tua dari kita.

ceritanya Si A
Siapapun itu : (lagi ngerjain sesuatu) dan si A liat trus ngedekeetin. “kalian ngapain?” “bikin ini kak A..” tau2 si A ngambil sesuatu yg dibuat sama siapapun itu “hah? Apa ini, ini kurang sempurna, gimana kalian ini, jangan jadikan 1 hal saja sebagai parameter!” trus si A ngebuang begitu aja hal yg lagi dibuat sama siapapun itu lah.

Sebenernya si A ngomong nggak dengan ketus, tapi gue yg mendengarkanya cukup tersentil. Siapapun itu yg sedang kerja sih juga nggak menanggapi sebagai hal penyulut emosi, tapi seandainya gue yg duduk di sana dan sedang melakukan yg dilakukan siapapu itu,, dalem hati gue udah mencak2~!! “apaan lu, masi untung gue bikinin ini, kutu lu!”

Trus gue bandingkan dengan si I.

Siapapun itu ngasih sebuah undangan hand made, emang nggak bagus2 banget, karna emang udah deadline dan nggak ada waktu buat sesuatu yg lebih kreatif dari ini.
Siapapun itu: kak I ini undangan buat acara besok, maaf kalo nggak bagus, saya juga ngakuin kok ini undangan bener2 sangat sangat sangaattt tidak kreatif kak, maaf kak, tapi buat yg sealnjutnya nggak kaya gini deh..
Si I : wah,, ini undangan nya, nggak apa2 kok, ini bagus, kakak rasa kamu udah cukup kreatif kok, tapi yg selanjutnya kakak tunggu kekreatifan kamu ya, kamu kan kreatif, kakak yakin kok,, siapapun itu : siip!!! Janji deh kak!!

Siapapun itu langsung semangat dan janji sama dirisendiri kalo yang selanjutnya harus lebih kreatif dari ini.

Nah, beda banget kan cara pandang nya dan apa yg dihasilkan dari sedikit perkataan saja. Si I bener-bener memotifasi siapapun itu buat menjadi lebih baik lagi, nah si A malah bikin siapapun itu nggak berkembang lebih. Sukur2 siapapun itu nggak ngutuk si A supaya seret jodoh. Huh.. Lagi2 gue simpulkan dan katakan bahwa apresiasi sekecil apapun bisa mempengaruhi masadepan yg mendapat apresiasi itu.. termasuk gue yg sampe sekarang masi bete sama perlakuan si A itu -__________-"

3 komentar:

  1. Berikan apresiasi dan pujian sekadarnya kepada teman/saudara kita seandainya mereka memang berhak mendapatkannya. Tapi memuji ada juga etikanya lho...

    Btw, pujian, meskipun perlu, lebih berpotensi menjatuhkan ketimbang kritikan

    BalasHapus
  2. ehehe, kesentil dg kata2 uda yg terahir,, bener juga sih yg itu da,, ntar dy malah berasa tinggi gara2 di puji, kyny pujiannya lebih baik dibarengi kritikan yg membangun juga da,, jadi sama2 baik :)

    buat ini tu gara2 bete sama orang, ya,. si A itu da, jadinya gini deh da,, kebawa emosi dikit nulisnya, eheheh

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus