Sabtu, 16 Maret 2013

Dioksin dan pembalut.

selamat pagi.
dipagi minggu yang masih adem-adem aja ini saya mau sedikit berbagi ilmu.

Ceritanya kemaren saya belajar farmakoterapi dan bahasannya itu cancer. Yang mau saya ceritakan ini tentang serviks cancer atau yang ditransletkan sebagai kangker rahim. Kangker rahim sendiri ini disebapkan Human papiloma virus yang menyerang leher rahim. Untuk etiologi,dan segalamacamnya bisa lah dilihat di berbagai referansi. hehehe. Banyak penyebap ahirnya seseorang bisa terkena cancer. Salah satunya adalah terpapar zat-zat yang bersifat karsinogenik. Fokus saya sih saat ini pada zat dioxin.

Apa itu dioxin?
sepenangkapan saya dari kuliah kemaren sih dioxin ini zat hasil samping dari proses pemutihan yang digunakan pada pabrik kertas,termasuk juga pada pabrik pembalut dan diapers (popok bayi). So, intinya ada zat ini di pembalut yang minimal beberapa hari tiap bulannya kita gunakan.

Dari sebuah blog yang saya baca diaktakan bahwa bila darah haid jatuh ke permukaan pembalut, zat dioxin akan dilepaskan, melalui permukaan vagina kemudian di serap kedalam rahim melalui saluran serviks lalu masuk uterus hingga ahirnya berahir di overium dan lama-lama-lama bisa mencetus kangker serviks.

"Lah, kalau di pembalut ada dioxin kenapa badan POM masih membiarkan beredarnya pembalut?"  sebuah pertanyaan dari ibuk dosen yang juga sebenarnya pertanyaan yang sama juga terlintas di otak saya dari dulu,semenjak pertama baca hal ini melalui sebuah pesan broadcast yang masuk ke hp saya. Kok jahat gitu orang POM ngebiarin masyarakat umum terpapar dioxin dengan mudahnya? Lalu si ibuk pun menjelaskan.

Dioxin memang akan menguap bila terpapar panas, dan bisa dia masuk ke saluran serviks hingga sampai di ovarium. Tapi pertanyaan selanjutnya apakah suhu darah haid itu bisa membuat dioxin menguap? Kemudian saya diam dan langusung berkutat dengan mbak google. dari hasil pencarian saya mendapatkan bahwa titik didih dioxin itu sangat tinggi (bisa di cari sendiri untuk lebih pastinya). Maka dari itu badan POM masih membiarkan pembalut beredar di pasaran karna dalam kadar tertentu efek dari dioksin ini masih bisa di kendalikan.

Tapi... walau gitu juga jangan lantas berlega hati juga. Ingat, faktor pemicu kanker itu masih banyak yang lainnya. Dan jangan lupa jaga kebersihan diri untuk menghindari datangnya si human papiloma virus ini.

semoga bermanfaat!










Tidak ada komentar:

Posting Komentar