Kamis, 21 Maret 2013

Lembar ke 24, bab ke 3. Minggu nyari ilmu.


Selamat malam.

Dari pagi sampe sore tadi ceritanya gue ngikutin sebuah acara yang dilaksanain dalam rangka jurnalism week by Broca Fk unand. Acaranya? Jangan tanya. KEREN. hahaha. Awalnya sempet hampir batal ikut acara ini karna ternyata temen yang mau diajakin mendadak bokek dan.. ya.. you know lah.. Ahirnya dengan timbang punya timbang, gue beranikanlah buat ikut walau sendiri. Dan untungnya saya ikut pemirsaaahhh~.

Anyway, yang pertama bikin pengen ikut itu karna ada seminar dan talkshow dari penulis yang ahir-ahir ini suka bikin gue speechless dengan quote-quote nya. Walau kebanyakan qoute yang saya favoritkan itu yang berbau 'hati' tapi rata-rata quote dari penulis yang satu ini bener-bener bikin sejenak saya diam dan mikir "eh.. bener juga ya..". Here.. Bang Tere Liye. Sampai nulis ini sekarang gue masih nggak percaya sosok asli dari seorang Tere Liye itu jauh diluar dugaan..

Karna ini seminar+talkshow jadi inti dari materi yang diberikan sama bang tere ini adalah  'how to be a good writer'. Bedakan good writer sama famous writer ya..

1. tulislah apa saja! Ide boleh biasa, tapi sudut pandangnya harus berbeda.
2. Teko kosong nggak bakal bisa mengisi gelas. Penulis yang baik selalu punya amunisi untuk di tumpahkan
3. Lupakan gaya bahasa. Tulis saja apa yang disuka
4. Tidak ada tulisan yang bagus/tidak bagus. Yang ada hanya tulisan yang relevan dan tidak relevan bagi pembacanya. Jadi jangan minder.
5. Penulis yang baik tidak mencemaskan apapun, dia hanya tau menulis menulis dan menulis..

Apa saya ingin menjadi penulis? Menurut saya, saya bukan lagi ingin menjadi, tapi sudah menjadi. Blog ini buktinya, betul? Saya hanya berharap orang-orang khilaf yang membaca tulisan saya bisa mengambil manfaat dari apa yang dibacanya, walaupun itu adalah curahan kegundah-gulana-an saya. hahaha. Semoga ya..

Tadi itu ada dua pemateri, satunya lagi bang Budi 'didiet' Adiputro. Know him? yap. Pria yang lebih ganteng kalo diliat dari depan ini pembaca berita di reportase pagi di trasTV. Ngomongin dunia per-jurnalistik-an, gue ingat dengan sebuah cita-cita lama  yang ditolak mentah-mentah sama bos waktu pertama gue mengajukan proposal nya dan malah di tawarkan kembali oleh bos setelah saya duduk di bangku kuliah selama 1 tahun. Dan.... duduk di ruangan seminar dan ngedengerin cerita bang didit ini tentang perjurnalistik-an lumayan bikin saya ternganga. emang sih karna yg 'nguliahin' nya ganteng, tapi selain mukanya otaknya juga ganteng. It's important thing to make me realy feel that other people as hansome guy.

Sebenarnya gue tertarik sangat dengan materinya, tapi sebuah kejadian bego malah gue lakukan tadi. Ceritanya gue sudah berhisteris-ria gitu sama temen, biasa lah wanita muda dan masih labil. Gue udah berniat harus nanya sama bang didit ini,sebenernya waktu tereliye juga udah niat nanya,tapi surut karna bingung mau nanya apaan. Tapi.. lagi-lagi dan lagi.. jantung gue udah keburu meningkatkan frequensinya sebelum tangan gue menunjuk,dan ujung-ujugnya gue enggak jadi nanya. Bener bener berasa kaya ngebuang sepeti hartakarun ke laut.

So, begitu mendadak ada sesi door prise dari bang didit ini gue langsung terpacu gitu mau ngejawab. Harus maju pokoknya. Pas pertanyaan selesai di bacain dan moderatornya bilang yang tau langsung maju, gue tanpa pikir panjang langsung maju. Gue liat kok yang lain itu pada mikir dulu baru pada nunjuk tangan, tapi  gue malah maju dulu baru mikir. Itupun mikirnya 'kenapa gue maju tadi ya?' bukan mikir apa jawabannya.

Abis basabasi perkenalan,sampai juga waktunya ngejawab, dan yang terjadi adalah.. gue ngeblank!
Wohooo.. gue nggak tau mau jawab apa!
Perfect.

The power of kepepet ternyata enggak berlaku pada gue saat itu. Tapi biasanya juga jarang ya rasanya keberuntungan itu berpihak sama gue. kasian.. Ahirnya gue balik ke kursi gue dan speechless sendiri. APA YANG GUE LAKUKAN BARUSAAANNNNN.

But, terlepas dari enggak dapetnya gue hadiah, enggak jadinya gue bertanya padahal sudah menyiapkan pertanyaan, dan enggak dapet kesempatan buat foto, tapi.. kembali ke niat awal, gue dateng ke aula FK Unand ini buat dateng acara Jurnalism week adalah buat nyari ilmu. Dan, gue rasa ilmunya sudah ada di otak gue, sekarang gimana caranya mengaplikasikan ilmu yang didapat dan bisa menyalurkannya juga biar bisa dimanfaatkan juga dengan yang orang lain. hahay!




"lakukan saja dulu yang terbaik, maka kesempatan akan datang kapanpun juga.. " - by Tere Liye

"Yg penting itu bgmn informasi dr kita itu bermanfaat bg org lain" -by







Note: Berani malu itu baik. Mumpung masih muda. Apa lagi yang bisa diceritain ke anak-anak kalian nanti kalo bukan kejadian-kejadian lucu yang kalua lakukan sendiri dimasamuda kalian. hahaha.

Selamat malam~
Mari kembali me-lay-out pharmakon.... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar