Minggu, 26 Mei 2013

analogi anak kecil. analogi (lagi)


Sepertinya manusia manusia dewasa sekarang musti belajar dari seorang anak kecil.

Kenapa?

Kenapa justru anak kecil?

Banyak sifat yang patut diritu dari anak kecil. Lihat, anak kecil itu tidak pernah berhenti mencoba, bahkan kalau mereka telah terjatuh sekalipun. Anak bayi, kalau mereka tidak berhenti mencoba untuk berjalan setelah sekali terjatuh, apa yg terjadi? Mereka tidak akan pernah bisa berlarian seperti sekarang.

Anak kecil itu selalu ingin tau. Sebenar-benarnya penemu menurut saya ya anak kecil. Mereka belajar banyak hal dengan mencaritau dan mengalaminya sendiri dari 'eksperimen' mereka. Tau darimana mereka garam itu asin? Mereka coba dengan lidah mereka sendiri. Tau darimana mereka rasa sakit? Dengan mengigit jari mereka sendiri.

Anak-anak kecil itu jujur. Mereka menampilkan apa adanya mereka. Tidak pernah memakai topeng agar terlihat wow dimata orang lain. Buktinyna, mereka nggak peduli gimana tampilan mereka,tapi berkat kepolosan dan ke-apa-adaan mereka tetap terlihat menggemaskan.

Mereka tidak pernah mengeluh. Pernahkah melihat anak kecil mengeluh? Paling-paling kalau dia sakit. Dan kadang orangtua nya hanya bilang 'tenang sayang, nanti habis minum obat sembuh' lantas anak itu tenang dan percaya. Dan, lihat, obatpun bekerja dengan cepat karna didukung sugesti mereka yang positif. Mana ada anak kecil mengeluh 'kenapa dia ditakdirkan begini' 'kenapa dia hidup dalam penderitaan' mana ada. Kalau ada pastilah anak kecil itu bakal keriput keningnya karna kebanyakan mikir. 

Dan yang paling penting anak kecil itu tulus. Mereka enyayangi dengan tulus, melakukan hal juga dengan tulus. Tidak ada kata kenapa dan untuk apa, yang mereka tau hanya mereka menyukai sesuatu dan melakukannya. Yang mereka tau mereka menyukai kucing, mereka bermain dengannya, memeluk dan menggendongnya, takpeduli sesudah itu mereka bersin-bersin karna bulunya. Atau yang mereka tau harus berbagi dengan sesama, ahirnya mereka makan sepotong kue berdua. 

Ya.. begitulah anak kecil.. manusia mungil yang selalalu bersemangat..

Boleh saya jadi anak kecil saja?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar