Jumat, 07 Februari 2014

tour de M. Jamil.

Sebuah hasil yang baik pastinya butuh proses dan pengorbanan yang baik dan biasa bakalan berat (banget)
Oke, dipagi jumat yang insyaAllah barokah ini gue keluar rumah dengan niat mulia dan tulus setelah beberapa hari mengahiri jatah liburan yang sebenernya masih ada seminggu lagi.  Oke, ini semua demi si skripsi yang harus ruar biasa.

Bener kata orang, masalah skripsi nggak bakalan semudah lo mesen makanan di McD drive thru, tinggal nongkrong di loketnya, kasi duit, dan pesanan lo datang dalam keadaan hangat dalam sebuah kantong kertas yang ramah lingkungan.

Jalan menuju skripsi ini banyak bebatuan, kerikil, bata, sampai batako. Lengkap.

Sebenernya gue belum punya pembimbing pasti. Gue masih di gantung-gantung. Bener kata orang, digantung itu enggak enak. Maaf ya buat yang pernah gue gantung. Gue nggak maksud apa-apa *eh *Salah fokus*

Tapi, ada kalanya sesuatu yang gantung itu butuh perjuangan agar dapat status resmi. *eaa*

Jangan salah tanggap. Ini bukan soal hati. Ini soal masadepan. Walau hati juga terkait masadepan, tapi yang ini bukan terkait dengan itu. Lama-lama ngobrolin hati gue bisa salah fokus. Apalagi kemaren abis ngobrol sama itu, uih.. bisa runtuh lagi tembok gue. oke. pindah cerita yaa... 

Ehem.. *dehem serius*
Bermodal petuah dari senior gue yaitu “dokternya ada di bangsal bedah. Temuin aja pagi-pagi” tanpa ada embel-embel apapun lagi gue memberanikan diri masuk ke gedung besar RS M. Jamil demi menemui sang dokter yang kalo kalo entar bisa jadi pembimbing skripsi gue.

Satuhal yang perlu lo camkan baik-baik. Nyari ruangan di RS, apalagi RS umum begini nggak semudah nyari KFC didalam Mall. CATET! Gue awalnya mikir “ah.. gampang.. sampe sana tinggal nanya sama resepsionis dan ketemulah dimana si bangsal bedah ini” dan kenyataannya udah nanyapun gue sama resepsionis, gue tetep nyasar mameen. Ternyata nggak semua perkataan resepsionis itu benar. Atau emang resepsionis di IGD suka menjerumuskan? Atau guenya yang salah menerjemahkan kata si embak-embak? Entahlah.. gue nggak ngeti juga. Pokoknya dengan bantuan seorang ibu-ibu petugas di salah satu bangsal yang kalau gak salah bangsal syaraf, gue ahirnya sampai ke tujuan gue yang ternyata di lantai dasar (gue saat itu ada di lantai 1)

Setidaknya, ahirnya gue bisa berdiri dengan mata berbinar begitu ngeliat tulisan “Bangsal Bedah” gede didepan sebuah pintu kaca.
Masuk kedalem sana, setelah ngelewatin terali besi yang decitannya lumayan mirip sama di film horror, gue dengan langkah yakin perlahan ngedeket ke meja tinggi yang dibelakangnya banyak perawat-perawat. Gue heran begitu gue dateng mereka pada kaget, padahal sebelumnya gue ngelewatin terali besi yang bunyinya menurut gue nggak pula kecil. Mungkin pendengaran mereka semua sedang terganggu. Nanya-nanya singkat sama si perawat ahirnya gue dapet kesimpulan: mereka bahkan gak tau siapa dokter yang gue cari. PUEALIS DEH. GUE KIRA PETUALANGAN GUE SUDAH USAI. TERNYATA BELOOMMM -______________-

Besok-besok gue harus bawa Peta Dora.


Mau gak mau walau barusan gue nggak juga dapat jalan yang benar, gue tetep kembali mendatangi embak resepsionis IGD. Semoga kali ini infonya bener. Gue disuruh ke gedung sebelah. Lanjut jalan, keadaan gedung sebelah beda jauh sama gedung sebelumnya. Gedung sebelumnya itu lebih mirip rumah sakit konvensional yang buat nambah-nambah dana dipake buat shooting film suster ngesot. Sedang gedung barunya, oke, gue lumayan terbelalak. Mirip-mirip lah sama gedung rumah sakit di serial korea yang gue tonton, Good Doctor. Oke, gue nonton drama korea, buat Good Doctor tolong kecualikan. Gue nonton itu sekalian buat belajar alat-alat kesehatan, secara semester kemaren gue ambil matakuliah alat kesehatan. Oke? Tolong terima alasan gue. Please.. Believe me.. *mata berkaca-kaca

Setelah tanya sana sini, ahirnya gue sampai ke tempat yang benar. Uni-uni di meja perawatnya lumayan welcome. "O.. dokter DK.. sebentar ya saya liat dulu.." Si uni-uni langsung masang kacamata dan ngeliat kertas yang dilaminating, kayanya isinya jadwal dokter. "Pas, dokternya ada hari senin, rabu, jumat.." Gue langsung masang muka bahagia kaya onta kehausan  liat telaga ditengah gurun pasir. "Tapi bapak lagi rapat, sekitar jam 10 lah selesainya". Gue yang semula sumringah mendadak lesu. Oke... Semua butuh pengorbanan.. *backsound So7 Berhenti berharap*

Daripada melongo 2 jam disana, gue milih naik ke bukit tempat gue kuliah demi ngeliat seminar proposal temen gue. 

Di jam yang ditentukan gue kembali turun bukin menuju lembah bernaungnya rumah sakit tujuan gue. Gue udah kaya ninja hatori aja. Tapi gue lebih modren karna gue pake motor - meski minjem-

Perjuangan belum berahir. Kali ini gue ketemu perawat yang jutek iyuh iyuh. Pas gue dateng ternyata dokter DK lagi jamnya praktek. Gue enggak ada di urutan mana-mana, gue dapet jatah ketemu dokter sehabis semua pasien yang gue juga gak tau jumlahnya berapa. 

suster jutek: "oo.. mahasiswa, tunggu aja sampai pasiennya abis" 
gue: "I..Iyah.." (sok tenang tapi dalem ati sumpah serapah)
\
untung gue sudah terlatih unutuk sabar. Gue ambil novel dari tas, senjata gue dalam keadaan kejepit kaya gini. Setiap satu halaman gue pindah fokus ngeliatin pintu ruangan dokter. Makin lama bukan satu halaman lagi, per paragraf yang gue baca gue pindah fokus. Buku-pintu-buku-pintu- sampe lebih dari 30 menit. Daaann.. jeng jeng jengggg...  waktu gue tibaaa..

gue pasang muka manis -kaya anak kucing yang sudah 3 hari dalem kardus nunggu seseorang mungut- didepan celah pintu ruangan dokter yang hampir kebuka full. Kayanya gue ada chemistry sama dokternya, pak dokter yang baik hati langsung ngekodein gue masuk, gue masuk baru si suster itu bilang ke dokter kalo ada gue -si mahasiswa- yang mau ketemu dokter. azzzzz!

hal penting masuk ke lingkungan baru: atitude.
Gue langsung salamin si bapak dokter yang baik hati. duduk manis, terus cerita apa perihal gue kesana. After cerita, feedback nya gue dicurhatin balik sama bapak dokternya. He still friendly like usually deh pokoknya. kalo gue nginget nya, berasa pengen ketawa sendiri. Dokter juga manusia. Praktisi kesehatan juga manusia. Kaya keluhan almh. dosen gue, bapak DK juga mengeluh masalah kebijakan jaminan kesehatan yang baru ini. "ya.. Saya harus lebih sayang sama badan saya kan.. Tapi, mau gimana juga pasien juga butuh.. makanya saya jadi mengorbankan mahasiswa.." kurang lebih gitu kata sibapak, solusi sementara. Kayanya bapak bakal bersyukur banget kalau dia dikasih waktu sehari sekitar 30 jam, supaya dia punya waktu buat istirahat.

Finally.. Judul ajuan gue disetujui, tapi gue butuh konsultasi lebih sama dokter yang lebih sesuai. Dan, sayangnya bapak dokter DK ini nggak bisa jadi pembimbing gue. Selain terkait waktu, juga terkait ilmu yang dipahaminya. Gue salah masuk lapak kayanya. Tapi, gak apa lah.. Setidaknya langkah gue bisa lebih maju lagi.

Kali pertamanya gue mengurusi hal yang berkaitan dengan banyak pihak dan itu sendiri. SENDIRI! woooow. Gue bisa kok ya.. Ayaahhh..! anak mu ini bisa koookk!!!! -__-"



hey hey, Semangat lah wahai pejuang tahun ahir!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar