Jumat, 14 Februari 2014

Up side down. Other story from disertation fighter.

Si pejuang tahun ahir juga manusia. Kaya cerita gue sebelumnya bahwa dokter juga manusia, kali ini, gue tekankan gue juga manusia biasa. Sometime up mood, and now so down.

Gue sendiri enggak punya pihak ketiga untuk gue salahkan atas kacaunya mood gue hari ini. Awalnya gue kira mbak-mbak koas yang ngejutekin gue di RS tadilah sumber hancurnya mood gue, tapi.. setelah gue fikir-fikir lagi nggak salah dia juga sih.. Bisa aja kan justru sebenernya dia yang mood nya terganggu karna pertanyaan singkat gue. Maybe. Yang jelas dia nggak bisa gue salahin.

Kata seorang teman gue so positive thinking. hahahhaa. Yey or Nay?
Thanks for person tht me be like this. So positive. Yeah, Still you. Although you s**k. (uups..)

Awalnya gue sudah bersemangat turun dari bukit tempat gue bertapa menuntut ilmu. Rela bolos dari kuliah yang jam nya agak takapik gitu ya. Pokoknya gue berhasil mendarat setelah 30 menit perjalanan dengan mobil dinas gue (aka. Angkot). Masih semangat walau kepala agak sakit dampak perut yang kosong, gue kali ini gak pake nyasar ke bangsal THT. Perjuangan hari ke-2 buat nemuin dr. SR. yang sampai sekarang gue gak ada bayangan orangnya bakal gimana.

Kembali gue disuguhi pipa-pipa got RS yang berasap. Asli gue penasaran, apa sih yang dilakuin sampe pipa-pipa got nya ngeluarin asap tebel banget? Asap-asap ini lumayan bikin gue ngeri dan parno.

Dengan dresscode gembel gue ngeberaniin diri masuk ke THT rencananya mau nanya dulu di meja perawat. Tapi sayangnya.. nyali gue ciut mendadak ngeliat lebih dari 8 orang dengan jas putih disana. Bercampur baur. Ada wajah-wajah seger 20an, ada juga wajah-wajah 40an. Dan gue, bertolak belakang. Gue dengan kaos item kucel dan juga muka kucel. Gue mendadak lemes. Putar arah 180 derajat. Balik kanan. Ya tuhaaann.. Apa seragam putih selalu bikin pemakainya terlihat songong? entah lah.. Tapi, nanti gue juga bakal pake seragam putih. Tuhan.. Jangan bikin gue songong denga seragam itu.

Seragam putih itu dimata gue hanya di pakai oleh orang-orang dengan kepala yang penuh dengan ilmu. Perjuangan keras buat bisa pakai seragam itu. Terlepas dari perjuangan keras tiap orang itu kadarnya beda-beda. Tapi, itu tetap penuh tetes peluh.

Disini gue ngerasa banget betapa pentingnya sebuah penampilan. Walau sebenarnya isi kepala kita sama aja, tapi penampilan yang terlihat lebih, akan memunculkan ekspektasi lebih pula bagi yang ngeliat.

Ternyata beban berat juga buat pake seragam putih itu ya. Pertanggungjawaban yang.. wow.
Lantas, apa gue udah pantes buat pake itu? hahahaha. kok gue jadi sanksi sendiri -_-

Apa sih beda gue sama mereka? sampai-samapai gue ciut langkah begitu ngeliat mereka bergerombol didalam?
Satuhal yang gue lupa dan besok-besok harus gue inget se-inget-ingetnya. Gue sama dengan mereka.  Gue sama dengan mereka. Sama-sama kalo laper makan nasi dan kalau haus ya minum air. Kita sama-sama menuntut ilmu kesehatan. Sama-sama dalam proses belajar, walau mereka sudah pernah pake toga , sedang gue sedang berusaha untuk.

Lantas, apa bedanya si pemakai seragam putih dengan gue yang nggak pake serangam?

Kenapa alam seolah mengatakan kita beda kasta?

Setau gue, kita semua sama derajatnya di mata hukum dan pemerintahan. *eh* Maksud gue kita semua sama dimata tuhan.

Lah, kalo gitu kenapa gue mindeeerr???!!!!!!

-_____-

Saat nulis ini baru gue sadari apa yang salah. Gue masih merasa belum cukup bekal untuk menegakkan kepala didepan orang-orang yang ber-image-hebat dimata semua orang. Gue sendiri belum bisa mengangkat kepala dengan profesi sendiri. Hallo? bukannya teori angkat kepala ini udah diajarkan dari dahulu kala sama dosen-dosen gue. Kemana semangat angkat kepala yang dulu menggebu-gebu?

Saya dan anda sama. Kita parner dalam meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat banyak. Saya, anda, dan masyarakat itu bersama. Nggak ada masyarakat, saya dan anda bukan siaapa-siapa.
Lalu, apa yang membuat dagu kita terangkat?







2 komentar:

  1. just let the spirit's coming up by it's self as you have tried the best
    any story to share?

    BalasHapus